Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan … (33)


Otonomi daerah dengan asas Desentralisasi memberikan kewenangan yang luas kepada daerah termasuk bidang Perhubungan seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 pasal 11 bahwa :

1. Kewenangan daerah Kabupaten dan daerah kota mencakup semua kewenangan Pemerintah.
2. Bidang Pemerintahan yang wajib dilaksanakan oleh daerah Kabupaten dan daerah Kota meliputi Pekerjaan Umum, Kesehatan, Pendidikan dan Kebudayaan, Pertanian, Perhubungan, Industri dan Perdagangan, Penanaman Modal, Lingkunagan Hidup, Pertanahan Koperasi dan Tenaga Kerja.

Di dalam era otonomi saat ini diperlikan Pemerintah yang baik dan seorang Pemimpin yang bersifat jujur, adil dan transparan serta bias menyuarakan hati masyarakat milai lapisan bawah sampai lapisan atas, termasuk anggota yang mereka pimpin yang dimaksud adalah anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan.

Siagian ( 1998 ) menyatakan bahwa keberhasilan atau kegagalan yang dialami sebagian besar dari organisasi ditentukan oleh kualitas kepemimpinan yang dimiliki orang-orang yang diserahi tugas memimpin organisasi itu. Pendapat itu mencerminkan betapa besar peran kepemimpinan dalam suatu oeganisasi, sehingga seorang pemimpin diharapkan mempunyai kemampuan untuk memotivasi, mengarahkan, mempengaruhi dan berkomunikasi dengan bawahannya supaya tujuan organisasi itu bias tercapai secara efektif dan effisien.

Di samping itu pemimpin juga harus mempunyai perilaku atau gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi organisasi tersebut. Dan diantara beberapa gaya kepemimpinan, menurut peneliti terdapat satu gaya kepemimpinan yang sangat menarik untuk diteliti yaitu gaya kepemimpinan situasional yang dikembangkan oleh Hersey dan Blanchard ( 1982 ) karena pemimpin dengan gaya ini akan selalu berusaha menyesuaikan dengan situasi dan kondisi organisasi, serta bersifat fleksibel dalam beradaptasi/menyesuaikan dengan kematangan bawahan dan lingkungan kerjanya. Hal itu sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini yang menuntut pemimpin harus bersifat akomodatif dan aspiratif terhadap lingkungan kerjanya.

Dari beberapa hasil penelitian tentang gaya kepemimpinan situasional dalam hubungan dengan kinerja anggota, para peneliti telah berhasil mengkaji hubungan perilaku pemimpin dengan kinerja bawahan yang dijembatani oleh variable tingkat kematangan ( Maturity ) bawahan sebagai penentu ke-efektifan kepemimpinan (Goodson, McGee dan Cashman, 1989 : 446; Blank, Wertzel – Gleen, 1990 : 579 Schrie Sheim, Tepper dan Tetrouit, 1994 : 561 )

Berdasarkan uraian tersebut di atas, nampaknya tidak terlalu berlebihan jika peneliti juga ingin meneliti tentang pengaruh gaya kepemimpinan situasional yang diterapkan pemimpin Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan.

Karena Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan merupakan Dinas Ynag baru ditetapkan oleh Bupati berdasarkan Perda Nomor 28 tahun 2000 yang meliputi perhubungan darat yaitu Lalu lintas dan Telekomunikasi, Pos dan Angkutan serta Teknik Srana dan Prasarana.

Begitu juga dengan gaya kepemimpinan yang ada di Dinas Perhubungan yang hanya mendominasikan gaya kepemimpinan delegatif sehingga karyawan kurang bersemangat dalam bekerja.

Dalam usaha mempertahankan dan meningkatkan kinerja anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, maka sangat diperlukan seorang Pemimpin yang selain memiliki kemampuan pribadi, juga mampu membaca keadaan bawahannya serta lingkungan kerjanya. Dalam hal ini kinerja bawahan akan berkaitan langsung dengan gaya kepemimpinan yang tepat untuk diterapkan, agar Pemimpin memperoleh ketaatan atau pengaruh yang memadai.

Untuk bisa mencapai target yang diharapkan, maka pemimpin harus mampu menciptakan suasana kerja yang mendukung kepada bawahannya untuk selalu berprestasi dalam melaksanakan pekerjaannya.

Adapun gatya kepemimpinan yang diteliti dalam penelitian ini adalah dibatasi pada gaya kepemimpinan Situasional, yaitu yang meliputi empat perilaku, antara lain : Perilaku Instruktif, Perilaku Konstruktif, Perilaku Partisipatif, dan Perilaku Delegatif.

Tidak ada komentar:

×
Informasi Judul Koleksi Terbaru di
http://www.tesis-ilmiah.com/

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Dapatkan file lengkap dalam format ms-word (*.doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , untuk judul tersebut diatas.

Semua itu anda bisa dapatkan secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul (kecuali bidang pendidikan Rp. 250.000 atau klik disini dan teknik Rp. 150.000,- per judul) dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Caranya? Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan, kirim ke nomor 081 334 852 850. atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Lakukan transfer jasa pengetikan via bank

Bank Mandiri
No. Rekening 144-00-1031019-8
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BNI

No. Rekening 0182628639
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BRI

No. Rekening 0051-01-072962-50-0
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

bank BCA
No.Rekening 3180280374
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Tambahkan angka unik disetiap transfer, misalnya anda akan melakukan transfer Rp. 125.000 maka silahkan tambahkan angka unik dibelakang seperti menjadi Rp. 125.200.Angka unik ini kami gunakan sebagai identifikasi transfer yang anda lakukan. untuk menentukan angka unik terserah anda, tapi kami sarankan gunakan tiga angka terakhir nomor hp anda.

Setelah melakukan transfer, konfirmasikan via sms.

File-file akan kami kirimkan via e-mail LENGKAP, dan jika menghendaki pengiriman dilakukan dengan jasa pengiriman, maka ada penambahan ongkos kirim sebesar Rp. 30.000,-Jika anda ingin melihat judul-judul lain yang ada di database kami, kunjungi website kami:http://www.tesis-ilmiah.co.cc

silahkan lihat keterangan tentang CARA MENDAPATKAN FILE diatas.

Dapatkan informasi judul-judul manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen pendidikan LENGKAP hanya di http://www.ilmiahmanajemen.blogpsot.com/

Kunjungi juga web kami di
http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com/
http://www.ilmiahekonomi.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.com/
http://www.ilmiahmanajemen.blogspot.com/

Koleksi Judul TERBARU
hanya di www.ilmiahilmu.blogspot.com

Informasi SKRIPSI LENGKAP hanya di
http://www.skripsi-ilmiah.blogspot.com/

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download