Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai ( Studi Di Dinas Kesehatan Kota Malang ) ... (37)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dengan empat variabel terhadap Kinerja Pegawai, dan untuk mengetahui gaya kepemimpinan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi Kinerja Pegawai di Dinas Kesehatan Kota Malang dari keempat variabel gaya kepemimpinan yang ada. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Explanatory Risearch dengan metode survey. Variabel prediktor adalah gaya kepemimpinan Instruktif, gaya kepemimpinan Konsultatif, gaya kepemimpinan Partisipatif dan gaya kepemimpinan Delegatif. Variabel kriterium adalah kinerja pegawai. Penelitian dilakukan terhadap 82 orang responden sebagai sampel yang mewakili seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kota Malang.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket / kuesioner kepada responden, observasi dan dokumentasi yang terdiri dari data primer dan sekunder. Setelah itu terhadap jawaban yang diberikan responden dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Terhadap instrumen pertanyaan yang valid dan reliabel, dilakukan uji asumsi Normalitas, Multikolinieritas, Heteroskedastisitas.

Dari hasil ji asumsi Normalitas ternyata data tersebut memenuhi asumsi normalitas. Dari hasil uji asumsi Multikolinieritas diperoleh bahwa Variabel Gaya Kepemimpinan Instruktif dan Gaya Kepemimpinan Delegatif tidak terdapat problem Multikolinieritas (Multiko), sedangkan variabel Gaya Kepemimpinan Konsultatif dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif terdapat multiko, sehingga salah satu dari variabel ini harus dibuang atau dikeluarkan. Dari hasil uji asumsi Heteroskedastisitas, ternyata hasilnya tidak terjadi heteroskedastisitas sehingga uji ini telah memenuhi syarat Heteroskedastisitas (tidak terjadi Hetero). Setelah itu dilakukan analisa Deskriptif terhadap butir-butir instrumen pertanyaan dari variabel Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Pegawai untuk mengetahui berapa nilai rata-rata( mean), median, standard deviasi, minimum dan maksimum dari para responden dalam memberikan nilai / skor secara persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Pegawai. Selanjutnya dilakukan uji pengaruh parsial dari masing-masing Gaya Kepemimpinan ( uji t), uji pengaruh keseluruhan (uji F) dan analisis regresi terhadap Kinerja Pegawai. Dari hasil analisis tersebut diperoleh bahwa secara keseluruhan keempat variabel tersebut berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dan dari hasil uji t diperoleh bahwa signifikansi pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Konsultatif dan Gaya Kepemimpinan Delegatif terhadap Kinerja Pegawai ( nilai t > 0,5 ) sehingga pengaruhnya tidak signifikan dan oleh karena variabel Gaya Kepemimpinan Konsultatif juga mengalami multiko dengan variabel Gaya Kepemimpinan Partisipatif, maka variabel Gaya Kepemimpinan Konsultatif dikeluarkan dari model regresi. Selanjutnya dilakukan lagi analisis regresi linier berganda tanpa mengikut sertakan Gaya Kepemimpinan Konsultatif, hasilnya adalah bahwa Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Gaya Kepemimpinan Instruktuf mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Dan yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai adalah Gaya Kepemimpinan Partisipatif.

Tidak ada komentar:

×
Informasi Judul Koleksi Terbaru di
http://www.tesis-ilmiah.com/

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Dapatkan file lengkap dalam format ms-word (*.doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , untuk judul tersebut diatas.

Semua itu anda bisa dapatkan secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul (kecuali bidang pendidikan Rp. 250.000 atau klik disini dan teknik Rp. 150.000,- per judul) dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Caranya? Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan, kirim ke nomor 081 334 852 850. atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Lakukan transfer jasa pengetikan via bank

Bank Mandiri
No. Rekening 144-00-1031019-8
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BNI

No. Rekening 0182628639
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BRI

No. Rekening 0051-01-072962-50-0
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

bank BCA
No.Rekening 3180280374
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Tambahkan angka unik disetiap transfer, misalnya anda akan melakukan transfer Rp. 125.000 maka silahkan tambahkan angka unik dibelakang seperti menjadi Rp. 125.200.Angka unik ini kami gunakan sebagai identifikasi transfer yang anda lakukan. untuk menentukan angka unik terserah anda, tapi kami sarankan gunakan tiga angka terakhir nomor hp anda.

Setelah melakukan transfer, konfirmasikan via sms.

File-file akan kami kirimkan via e-mail LENGKAP, dan jika menghendaki pengiriman dilakukan dengan jasa pengiriman, maka ada penambahan ongkos kirim sebesar Rp. 30.000,-Jika anda ingin melihat judul-judul lain yang ada di database kami, kunjungi website kami:http://www.tesis-ilmiah.co.cc

silahkan lihat keterangan tentang CARA MENDAPATKAN FILE diatas.

Dapatkan informasi judul-judul manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen pendidikan LENGKAP hanya di http://www.ilmiahmanajemen.blogpsot.com/

Kunjungi juga web kami di
http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com/
http://www.ilmiahekonomi.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.com/
http://www.ilmiahmanajemen.blogspot.com/

Koleksi Judul TERBARU
hanya di www.ilmiahilmu.blogspot.com

Informasi SKRIPSI LENGKAP hanya di
http://www.skripsi-ilmiah.blogspot.com/

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download